Manfaat dan Cara Penggunaan Temulawak yang Benar


Temulawak adalah bagian dari tanaman yang biasanya dimanfaatkan untuk obat tradisional. Beberapa peneliti Cina mengungkapkan khasiat yang dimilikinya. Di Indonesia sendiri temu lawak sering dijadikan sebagai jamu untuk mempertahankan kondisi tubuh. Tanaman asli Indonesia ini memang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak mengherankan jika kemudian banyak dilakukan riset untuk mengetahui lebih dalam mengenai kandungan yang terdapat didalam tanaman yang beruas tersebut. Seperti, lemak, protein, zat besi, dan masih banyak zat lain yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Jenis tanaman herbal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat yang bisa menanggulangi terjadinya pembengkakan. Hal tersebut karena ia memiliki kandungan Germakron. Selain itu, obat tradisional ini juga sering digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Sebab, dibalik tubuh mungilnya terkandung zat yang sangat bermanfaat berupa P-toluilmetillkarbinol serta seskuiterpen d-kamperTidak hanya berhenti disini, karena dalam penelitian disebutkan bahwa tanaman tersebut mengandung tumeron yang berkhasiat untuk menolak bakteri jahat yang masuk pada tubuh.

Indonesia patut berbangga menjadi salah satu negara dengan tingkat kesuburan tanah yang melimpah ruah. Membuat berbagai tanaman herbal dapat tumbuh dengan baik. Kondisi ini semakin menyenangkan karena dari dulu jamu termasuk sebagai obat yang digunakan dalam mengantisipasi penyebaran penyakit. Namun, perkembangan ilmu pengetahuan membuat jamu mulai hilang. Digantikan dengan jenis obat kimia yang responnya dinilai lebih progresif.



Curcuma xanthorrhiza atau temulawak berkhasiat banyak untuk menjaga sistem metabolisme pada tubuh. Manfaat ini sudah mendapat uji medis mendalam yang menunjukan bahwa konsumsi tanaman tersebut sangat dianjurkan. Terutama untuk mencegah kendala kesehatan. Seperti, peningkatan nafsu makan pada anak, mereda rasa nyeri saat menstruasi, dan berikut adalah penjelasan mengenai manfaatnya secara lengkap:

  1. Mengatasi masalah pencernaan
Manfaat pertama adalah kemampuan tanaman herbal ini dalam meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Secara otomatis digunakan badan untuk menjaga metabolisme tubuh dalam mengatasi proses pencernaan. Para ahli menyebutkan bahwa ia memberi peran penting dalam meringankan kendala perut kembung, dan meningkatkan nafsu makan.

  1. Mencegah gangguan sendi
Osteoarthritis ialah kendala yang menyebabkan sendi terasa kaku sekaligus sakit. Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri dan kaku pada sendi. Hal ini sesuai dengan hasil yang tertera dalam Journal of Alternative and Complementary medicine yang menyatakan bahwa Curcuma xanthorrhiza memiliki efek menghilangkan rasa sakit pada sendi.

  1. Menjaga kesehatan hati
Dikutip dari Scientific Research Journal menemukan bahwa manfaat tumbuhan herbal jenis ini adalah melindungi hati dari hepatotoksin. Kendala kesehatan ini bisa terjadi karena penumpukan bahan kimia dalam tubuh.

Kesehatan bisa dicapai dengan langkah kecil. Seperti menyediakan waktu 30 menit untuk melakukan lari pagi setiap hari. Mengonsumsi makanan yang berasal dari alam, minum air putih secukupnya, istirahat teratur, dan imbangi semuanya dengan pola pikir positif. Sehat itu ada dalam diri Anda. Setiap orang memiliki kendali yang sama untuk merusak dan menyehatkan badan. Jadi, tidak ada salahnya untuk terus mengembangkan diri dengan kualitas hidup terbaik.

Temulawak menjadi bagian sebagai obat herbal yang bisa dijadikan untuk pengendali kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya seminggu sekali guna meningkatkan imunitas dalam tubuh. Anda bisa menjadikan tanaman tersebut sebagai suplemen tradisional yang akan melindungi badan untuk melawan radikal bebas yang kian bertebaran.


Belum ada Komentar untuk "Manfaat dan Cara Penggunaan Temulawak yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel