Perbandingan Beli Motor Cash dan Kredit

Pada saat ingin membeli motor, kebanyakan orang akan bingung apakah harus membelinya secara kredit atau cash. Kedua metode pembayaran ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Namun biasanya jika membeli motor secara kredit maka Anda akan mendapatkan asuransi motor sebagai perlindungan.

Setiap lembaga kredit akan memberikan asuransi dengan berbagai macam seperti memberikan perlindungan kecelakaan, kehilangan dan sebagainya. Untuk itu sebelum Anda membeli motor secara kredit harus memahami aturan asuransi secara menyeluruh. Namun membeli motor secara cash juga bisa memberikan Anda berbagai keuntungan yang berbeda.



Inilah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli motor secara kredit atau cash

Jika Anda bingung untuk menentukan jenis pembayaran apa yang sesuai, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor yang terkait dengan hal tersebut. Dengan memperhatikan faktornya maka Anda bisa mengetahui keuntungan yang mungkin akan diberikan. Berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan sistem pembayaran dengan tepat.

Penyusutan
Untuk beberapa properti seperti tanah atau rumah tidak akan mengalami penyusutan untuk jangka waktu yang lama. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda membelinya dengan sistem kredit karena tidak akan merugikan. Sedangkan motor akan mengalami penyusutan ketika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penyusutan tersebut bisa membuat Anda menanggung kerugian karena seringkali ketika menjualnya kembali maka harganya tidak akan meningkat, justru akan turun dengan drastis. Untuk itu perhitungkan dengan baik apakah Anda harus membeli motor secara cash atau kredit.

Biaya tambahan
Jika Anda mengalami keterlambatan pembayaran secara kredit, maka Anda akan dibebankan biaya bunga dan biaya tambahan yang lainnya. Hal ini akan membuat biaya pengeluaran untuk membeli motor semakin membesar. Berbeda dengan pembayaran cash yang selesai pada saat itu juga dan Anda juga tidak akan dikenakan biaya tambahan lainnya.

Bunga 
Bunga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena setiap tahun bunga akan memiliki kenaikan. Jika Anda melakukan pembelian secara cash maka akan terhindar dari biaya bunga yang cukup besar. Anda juga bisa langsung memiliki surat kendaraan secara lengkap.
Sedangkan jika Anda membeli motor dengan menggunakan sistem kredit, maka akan dibebankan biaya bunga setiap bulannya. Jika ditotal mungkin harga motor akan jauh lebih mahal daripada Anda membeli secara cash.

Fasilitas 
Pembelian motor secara kredit akan memberikan berbagai fasilitas untuk bisa memanjakan pelanggannya seperti biaya service gratis ataupun asuransi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk yang akan terjadi. Namun jika membeli secara cash maka Anda harus mengeluarkan uang sendiri untuk biaya servicenya.
Namun beban biaya yang dibebankan sistem kredit juga bisa lebih besar. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Ketersediaan dana
Faktor utama untuk mempertimbangkan apakah harus membeli motor secara cash atau kredit adalah dengan melihat ketersediaan dana yang dimiliki. Apakah uang yang Andatabung bisa dihabiskan begitu saja untuk membeli motor atau tidak. Jika memang Anda menabung khusus untuk membeli motor maka bisa membayarnya secara cash.

Sebaliknya jika tabungan Anda dibutuhkan untuk keperluan lain, maka sebaiknya Anda melakukan pembayaran secara kredit agar uang tabungan tidak habis dan bisa digunakan untuk keperluan lain.
Demikianlah beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih pembayaran secara tepat, apakah harus cash atau credit. Sebaiknya Anda menyesuaikan kemampuan agar bisa menjalankan sistem pembayaran dengan baik. Dengan begitu maka Anda tidak akan kesulitan untuk membeli motor impian.

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Beli Motor Cash dan Kredit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel