Membantu UMKM di Indonesia Melalui Investasi Online


Membantu UMKM di Indonesia Melalui Investasi Online

Pelaku usaha kecil sangat banyak sekali tersebar di Indonesia. Namun, tak semuanya tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan oleh beberapa kendala. Salah satu kendala yang sering dialami oleh pengusaha UMKM tersebut adalah kekurangan modal. Sebenarnya di zaman modern ini ada banyak sekali cara untuk mendapatkan modal, salah satunya adalah dari pinjaman online.

Ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan sarana investasi untuk UMKP. Aplikasi ini bertujuan untuk menghubungkan antara pelaku UMKM dan calon investor. Melalui aplikasi investasi pendanaan UMKM ini para pelaku usaha dapat menemukan calon investor yang dapat membantunya dalam memajukan usahanya. Istilah ini dikenal dengan sebutan peer to peer landing.

Kelebihan yang Ditawarkan oleh Aplikasi Peer to Peer Landing


Peer to peer landing merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk menjembatani antara pencari modal dan investor secara langsung. Ciri khas dari layanan ini adalah terdapatnya simulasi bunga cicilan yang bisa didapatkan oleh calon investor. Saat ini ada banyak lembaga dan aplikasi online yang menyediakan layanan peer to peer landing ini. Jumlahnya yang sudah terveriikasi saat ini sekitar 67.

Selain ciri khas tersebut, terdapat beberapa kelebihan lain dari layanan peer to peer landing bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kelebihan tersebut antara lain adalah:

1.     Memiliki Perbedaan dari Jenis Pinjaman oleh Bank Konvensional
Layanan pinjaman online yang dilakukan dengan peer to peer landing tentu saja memiliki perbedaan yang cukup mencolok bila dibandingkan dengan layanan pinjaman dari bank konvensional. Proses peminjaman pada bank konvensional yang dikenal cukup rumit membuat aplikasi peer to peer ini diminati oleh banyak masyarakat.

Dengan menggunakan aplikasi peer to peer ini, Anda hanya perlu menyiapkan gadget dan jaringan internet. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke bank. Sehingga layanan ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dan tenaga Anda.

2.     Bisa Digunakan Tanpa Harus Memiliki Kartu Kredit
Salah satu alasan para pelaku usaha tidak meminjam modalnya kepada bank konvensional adalah karena mereka tidak memiliki kartu kredit. Layanan peer to peer landing ini hadir dikarenakan masalah kepemilikian kartu kredit. Layanan ini akan menjadi jembatan antara pelaku usaha yang tidak memiliki kartu kredit dan juga calon investor.

Aplikasi investasi pendanaan UMKM tentu saja sangat berguna bagi pelaku usaha yang sedang mencari modal usaha namun tak memiliki kartu kredit. Melalui aplikasi ini juga, pelaku usaha dapat menemukan modal pinjaman dengan cara alternatif lain yang lebih mudah dan praktis.

3.     Pinjaman Tanpa Jaminan
Jika calon pengusaha kecil meminjam uang melalui aplikasi dengan layanan peer to peer landing, maka calon pengusaha tersebut tidak perlu menyiapkan sesuatu sebagai jaminannya. Layanan peminjaman modal tanpa jaminan ini muncul dikarenakan ada banyak sekali pelaku usaha yang terjebak dengan jaminan yang ada ketika meminjam uang untuk modal usaha.

Akibatnya, usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha ini lama kelamaan akan merugi. Oleh karena itu, layanan peer to peer landing hadir dengan sistem pinjaman yang tidak menggunakan jaminan. Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM tidak akan merasa terbebani.

Demikianlah kelebihan sistem peer to peer landing bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang kekurangan modal. Bagi investor selain mendapat keuntungan, berinvestasi melalui layanan ini dapat membantu perkembangan UMKM di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Membantu UMKM di Indonesia Melalui Investasi Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel