Penyebab Umum Diabetes Melitus Tipe 2



    Sumber hellosehat.com

Istilah penyakit diabetes bukan lagi sesuatu hal yang asing untuk telinga kita. Penyakit diabetes merpukaan kasus yang umum dan banyak yang mengidap penyakit ini. Semua kalangan bereskio terkena penyakit diabetes melitus 2. Lalu apa penyebab umum diabetes melitus 2 mudah menyerang tubuh?

Menurut halodoc.com ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab umum diabetes tipe 2 yaitu :

·         Genetik. Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes melitus kemungkinan akan menurunkannya juga kepada keturunannya. Jika keluarga kamu memiliki riwayat penyakit tersebut kamu mempunyai resiko dua kali lebih besar dibandingkan oleh orang lain.

·         Umur. Diabetes umumnya menyerang orang yang telah lanjut usia. Mengapa itu bisa terjadi? Kebiasaan buruk yang dilakukan pada usia muda dulu akan berefek saat setelah tua nanti. Saat tubuh yang sudah tua, daya tahan tubuh lemah dan rentan terhadap segala penyakit membuat gejala-gejala penyakit baru dirasakan setelah tua.

·         Hormon insulin dalam tubuh tidak mencukupi jumlah yang seharusnya. Sehingga tidak dapat mengimbangi kuantitas glukosa dalam tubuh. Kerja insulin adalah untuk menginkat glukosa dan menjadikannya energi. Namun karena jumlahnya hormonya kurang terjadi penumpukan glukosa di dalam darah.

·         Pankreas yang tidak dapat bekerja dengan semestinya. Hormon insulin diproduksi oleh pankreas. Saat tubuh kekurangan hormon insulin pankreas akan meresponnya dengan bekerja dua kali lebih cepat dari biasanya. Keadaan ini akan membuat pankreas menjadi rusak dan tidak dapat bekerja dengan maksimal. Pada akhrinya yang terjadi tubuh tetap kekurangan insulin, malah tambah lebih parah dari biasanya.

·         Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab umum diabetes tipe 2. Tidak memperhatikan diet yang sehat untuk tubuh akan berdampak pada fungsi kerja organ. Kebiasaan memakan makanan instan atau siap saji, makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula atau garam, meminum alkhol, kebiasaan merokok, kurang minum air putih, kurang mengonsumsi buah dan sayur dan makanan sehat lainnya tidak hanya menimbun gula darah pada tubuh namun juga menimbulkan penyakit lain yang akhirnya menyebabkan komplikasi.

·         Kurang berolahraga. Olahraga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya dalam sehari tubuh memerlukan olahraga selama 30 menit. Bayangkan jika tubuh kamu sudah tidak berolahraga dalam beberapa hari saja atau bahkan dalam beberapa bulan atau lebih buruk dalam beberapa tahun? Semua racun yang bisa dikeluarkan dengan berolahraga tertahan dan akhirnya menumpuk dalam tubuh. Glukosa yang seharusnya digunakan sebagian untuk berolahraga akan tersia-siakan dan menumpuk dengan percuma di dalam tubuh.

dengan olahraga banyak hormon yang dapat dikeluarkan salah satunya hormon insulin yang dibtuhkan oleh tubuh. Jadi selain membakar glukosa menjadi energi dan kalori secara tidak langsung tubuh kamu juga memrpoduksi hormon insulin yang nantinya akan digunakan untuk mengolah glukosa.

·         Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Tubuh membutuhkan karbohodrat dalam jumlah yang wajar. Di dalam karbohidrat terdapat kandungan glukosa, sehingga semakin banyak karbohidrat dalam tubuh semakin banyak pula kadar glukosa yang diterima.

·         Tubuh yang kurang istirahat. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah digunakan seharian. Namun kerja dan tuntutan lainnya memaksa tubuh untuk bekerja lebih, apalagi di zaman yang sudah modern ini. Tingkat kesibukan meningkat dua kali lebih besar dari sebelum-sebelumnya. Manusia sering lupa waktu atau sering memaksakan bisa melakukan semuanya tanpa istirahat. Ketika timbul rasa sakit dalam tubuh sebeanrnya itu adalah salah satu tanda jika tubuh btuh istirahat. Perlu kepekaan terhap tubuh sendiri.

Belum ada Komentar untuk " Penyebab Umum Diabetes Melitus Tipe 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel