RS THT: Mengulas Tentang Jenis dan Cara Pengobatan Sinus



Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus Sinus termasuk penyakit yang umum menjangkiti orang-orang segala umur. Gejalanya seperti sakit kepala, demam dengan suhu 38 derajat Celcius atau keluar cairan kuning kehijauan, nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan, nyeri pada bagian wajah saat ditekan dan kehilangan indera penciuman maka segera kunjungi RS THT

Berikut adalah jenis-jenis penyakit sinusitis diantaranya: 

  • Sinus maksila, adalah penyakit sinus yang sering terjadi dan biasanya membentu piramid, bagian ostium sinus maksila memiliki letak dibagian sebelah superior dinding pada media sinus dan nantinya berakhir di hiatus seilunaris yang kemudian nantinya akan melalui infundibulum etmoid. Penderitanya mengalami sakit yang amat sangat dibagian wajah dan biasanya diderita yang sering keluar malam karena terkena udara dingin dan relatif disembuhkan dalam waktu yang lama.
  • Sinus frontal, biasanya terletak pada bagian os frontal yang pada bulan keempat akan menjadi empat fetus. Biasanya berkembang ketika seseorang memasuki umur antara 8 hingga 10 tahun dan mencapai ukuran maksimal ketika hingga 20 tahun. Ukuran sinus sebelah kanan dan sinus bagian kiri tidak mengalami simetris, dengan gejala rasa nyeri dan mengalami rasa sakit pada bagian dahi yang disebabkan oleh virus penginfeksi bagian saluran pernapasan serta membuat bagian dahi kelihatan membengkak.

Ada juga, sinus etmoid adalah suatu pengontrol yang menjadi atau memfokuskan jenis-jenis sinus lain. Penderita sinus biasanya merasakan gejala pusing dan saking kepala sebagai tanda penting yang memungkinkan menjalar ke sinus lainnya. Sinus stefoid terletak pada bagian belakang os sfenoid dan penyebabnya menimbulkan penyakit sinus dan jika muncul gejala perlu diobati supaya tidak parah. 

Berikut adalah cara mengobati sinusitis diantaranya: 

  • Mengompres hidung dengan air hangat, letakkan kompresnya pada bagian antara hidung dan dahi dan cara ini akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung.
  • Melembabkan hidung, dengan neti pot untuk membantu menyiramkan air ke dalam hidung dengan sedikit garam dapur dan digunakan untuk mengurangi sumbatan dalam hidung.
  • Makan nanas, mengandung bahan bromelain yang mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus dan sebaiknya jangan dikonsumsi bersamaan dengan obat dokter.
  • Uap dengan minyak kayu putih, uap yang dikeluarkan akan mengandung minyak esensial dan tempatkan hidung menghadap ke uap dan biarkan cairan atau lendir dari hidung secara alami.
  • Minum banyak air mineral, untuk membuat hidung menjadi lembab dan tidak terlalu kering dan hindari meminum air es dan meminum banyak air akan menggantikan cairan yang keluar.
  • Hindari minum teh, kopi dan alkohol akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh dan membuat kekebalan tubuh menurun dengan cepat dan membuat menjadi kurang sehat.

Selain itu, semua jenis makanan pedas dan mengandung rempah-rempah sangat disarankan saat sinus kambuh. Vitamin C yang tinggi akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pengeluaran cairan dalam hidung. Gunakan filter udara untuk membantu penyaringan udara, debu dan berbagai jenis potensi penyakit yang dapat membuat sinusitis menjadi lebih buruk. 

RS THT memberikan solusi untuk penderita agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu penderita perlu melakukan gerakan atau olahraga ringan setidaknya 15 menit per hari. Perlu juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan zat antioksidan seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Penderita juga perlu menggunakan masker untuk mengurangi potensi sumber penyakit yang lewat saluran pernapasan. 


Belum ada Komentar untuk "RS THT: Mengulas Tentang Jenis dan Cara Pengobatan Sinus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel